Pembahasan Twitter @DewiDifa Tentang #Poliamori

 

Polyamory

 

Seperti apa sih hubungan poliamori itu? Apakah kamu sepakat dengan relasi poliamori? Apa yang membedakan poliamori dengan poligami dan poliandri? Apakah ada rasa cemburu pada hubungan poliamori? Simak pembahasan twitter saya ( @DewiDifa ) tentang #Poliamori

Pagi tuips.. Kali ini saya akan membahas tentang #Poliamori sebagai pengantar diskusi di club filsafat Tobucil.

Secara etimologis, #poliamori berasal dari bahasa Yunani πολύ (poly) yg berarti banyak & bahasa Latin amor yg berarti cinta.

Secara harfiah, #poliamori dapat diartikan sebagai posisi atau praktek yg memiliki lebih dari 1 hubungan romantis terbuka pada suatu waktu.

Kata #poliamori digunakan dalam arti luas untuk merujuk pada hubungan romantis yang tidak hanya eksklusif secara seksual.

Penekanan pada etika, kejujuran, dan transparansi sangat penting untuk mendefinisikan karakteristik praktik #poliamori secara luas.

Banyak org samakan #poliamori dg “kumpul kebo”. Perspektif tsb berlaku jk cinta didefinisikan sbg hasrat seksual, tdk dr sisi emosionalnya.

Definisi cinta menurut sudut pandang filosofis berbeda dengan definisi cinta menurut sudut pandang sains. #Poliamori.

Menurut sains, cinta dan hasrat seksual merupakan hasil aktivitas sumber yang sama, yakni hormon Oxytocin di dalam otak. #Poliamori.

Secara filosofis, cinta & seks adl 2 hal yang sama sekali berbeda, sesorang bisa mencintai tanpa seks, demikian pula sebaliknya. #Poliamori.

Terminologi yang mungkin lebih spesifik dari #poliamori adalah poligami, praktek atau kondisi memiliki lebih dari satu pasangan nikah.

Budaya poligami scr tradisional adl pelaku poligini (1 suami memiliki banyak istri), dan poliandri (1 istri memiliki beberapa suami)

Namun pernikahan bukan persyaratan dalam hubungan #poliamori

Poligami lebih sering digunakan untuk merujuk kepada bentuk perkawinan ganda terutama yang memiliki basis tradisional/agama. #poliamori

#Poliamori modern/Poliamori egaliter menyiratkan hubungan yg didefinisikan melalui negosiasi antara anggotanya, bukan oleh budaya norma2.

#Poliamori egaliter secara kultural berakar pada konsep-konsep seperti pilihan dan individualitas, bukan pada tradisi keagamaan.

#Poliamori tidak sama dengan bentuk-bentuk tradisional monogami dan non-monogami, misalnya selingkuh atau pasangan simpanan.

#Poliamori adl ideologi keterbukaan, goodwill, komunikasi yang jujur, dan perilaku etis yg harus berlaku di antara semua pihak yg terlibat

Poliamoris biasanya menolak pandangan bahwa eksklusivitas seksual diperlukan untuk hubungan cinta yang mendalam. #Poliamori

Poliamoris menolak keharusan berkomitmen tunggal karena pada dasarnya cinta tidak mengikat, tapi membebaskan. #Poliamori

Seks tidak selalu menjadi fokus utama dalam #poliamori. Seks hanya sebagai 1 aspek dlm hubungan mereka, ataupun tanpa aspek seks sama sekal.

Nilai-nilai di dalam poliamori: 1. Kesetiaan dan loyalitas; 2. Komunikasi dan negosiasi; 3. Kepercayaan, kejujuran, martabat, dan kehormatan

Nilai2 dalam #poliamori: 4.Batas-batas dan kesepakatan; 5. Kesetaraan gender; 6. Non-posesif.

Saya sendiri bukan pelaku #poliamori. Namun saya menghargai pilihan seseorang yang memilih menjadi poliamoris.

Banyak pelajaran yang didapat dari nilai2 #poliamori, terutama tentang kejujuran. Nilai yang terkadang dilupakan dalam hubungan monogami.

Untuk yg masih penasaran dg #poliamori, bisa ikuti diskusi club filsafat Tobucil hari ini, 21 Mei 2012, pkl17.00 di Jl. Aceh no 56, bandung

 

About these ads