Wah… Intel kok ketauan (kalo beneran intel)

BANDUNG, TRIBUN – Belasan foto orang yang diduga kuat anggota tim intelijen kepolisian dan TNI di wilayah Kota Bandung muncul di sebuah blog internet. Dari sudut pengambilan dan kualitasnya, tampak bahwa foto-foto yang menampilkan wajah dan postur orang itu diambil diam-diam.
Penelusuran dan informasi yang dihimpun Tribun, Minggu (25/5) menyebutkan, orang yang terekam dalam foto-foto itu sebagian memang anggota tim intelijen kepolisian di Kota Bandung, sebagian lagi wartawan dan warga biasa yang entah mengapa difoto dan ikut di-upload.
Rangkaian foto berjudul “intel kota bandung bagian satu, dua, dan tiga” di http://sawung.blogspot.com itu di-upload pada 26 Maret 2008, 27 Maret 2008, dan terakhir 8 April 2008.
Kapolda Jabar Irjen Pol Susno Duadji ketika diinformasikan tentang keberadaan blog yang berisi materi sensitif itu berjanji akan secepatnya mengevaluasi. Via pesan pendek Susno menjawab pertanyaan Tribun.
Apakah benar orang orang yang dimunculkannya merupakan petugas intel kita? Kalau benar, kami akan menyelidiki, dari mana mereka memiliki, dan maksudnya apa mempublikasikan!” kata Susno.

Menurut praktisi hukum Dindin S Maolani SH, publikasi foto petugas intelijen merupakan sebuah pelanggaran, yang pelakunya harus dimintai pertanggungjawaban, dan bahkan bisa dihukum.
“Mereka itu telah membocorkan rahasia, dalam hal ini rahasia kinerja intelijen. Artinya, yang membocorkan harus dihukum,” ungkap Didin.

Tapi Dindin juga mengkritik cara kerja petugas intelijen di negeri ini yang umumnya mudah dikenali, terutama yang sering berkaitan dengan pemantauan aksi-aksi unjuk rasa.
“Dari logika hukum, seharusnya identitas intel itu jangan diketahui publik, apalagi hingga difoto dan disebarkan lewat internet. Artinya, kinerja intelijen kita masih lemah dalam menyembunyikan identitasnya,” ucap Didin.
Dindin menyarankan apabila orang-orang dalam foto yang tersebar luas itu betul petugas intelijen, untuk kesinambungan tugas sebaiknya mereka yang terpampang harus ditarik.
“Kalau publik sudah tahu identitas mereka, kerja mereka pun menjadi percuma. Karena itu, harus ada pergantian, agar tugas intelijen dapat berlangsung kembali,” ucap Didin.(sob)

wah… si sawung naikin web rank nya ini.

Serius :

Masih aja nanggepin yang kayak beginian. Kalo saya jagi pak Susno, saya bakal bilang itu lawakan saja. Gak usah gitanggapi.

Tanggepan untuk pak didin , bukannya undang undangnya belum ada ya pak. Mas sawung ini palingan kena undang2 no. 19 tahun 2002 tentang hak cipta. terutama pada bagian keenam, hak cipta atas potret. Tapi kalo orang-orangnya yg di foto keberatan y nuntut aja ( kalo bukan intel ). Tapi saya setuju, intel indonesia kok bisa-bisanya ketangkep foto (kalo intel beneran).

Ikutan Sawung ah… Ini bosnya intel, intel narsis diphoto sambisl senyum, ndak perlu ngumpet-ngumpet . Paling berantakan, gondrong ampun-ampun, berantakan seanak udel. poknya tampilannya paling cheos..