PENGADERAN IDEAL STEI 2007

MANUSIA-MANUSIA IDAMAN

Dalam membentuka kader idaman seperti yang tertuang dalam profil kader ideal STEI 2007, Kita membutuhkan manusia-manusia modern yang dapat bekerjasama dan loyal. Masyarakat modern adalah masyarakat yang cepat berinovasi, kritis, dan solutif. Salah satu ciri manusia-manusia modern ini adalah manusia yang dapat mengembangkan pikirannya dan siap untuk berkomunikasi menyebarluaskan pemikirannya. Atau dengan mudahnya, dapat kita simpulkan, bahwa kita juga memerluakan kader yang dapat mengembangkan budaya menulis, membaca dan berdiskusi. Thomas L Friedman dalam bukunya “ The World Is Flat “(2005 ) Mengemukakan tentang penyebab lahirnya dunia modern :

1. Pencerahan akal.

Inti dari pencerahan akal adalah menghargai kebeasan berpikir manusia, serta hakikat manusia yang bebas merdeka. Kebesan berpikir di sini salah satunya adalah menentukan nasibnya sendiri tanpa paksaan dan dengan kesadarna sepenuhnya.

2. Rasionalisme

Rasionalisme menghasilkan kemajuan . Pencerahan akal manusia membawa manusia kepada pendapat mengenai kemampuan akal yang tidak terbatas. Hal ini menyebabkan kepercaayan diri dalam menjawab tantangan dan menyelesaikan masalah. Jiwa-jiwa solutif dapat dikembangkan dari penanaman rasionalisme.

3. Empirisme

Rasionalisme membuka mata manusia bahwa sumber ilmu pengetahan berasal dari secara empiris dari pengalaman-pengalan manusia di sekitarnya dan kemampuan rasional manusia untuk membayangkan pengalaman-pengalaman yang baik . Empirisme memberikan pengetahuan yang nyata dari dunia di mana manusia itu hidup . Belajar dari pengelaman, dan sensitifitas akan segala sesuatu adalah kata yang cocok untuk empirisme.

4. Eksplorasi alam

Empirisme menyebebkan manusia untuk mengeksplorasi alam sekitar dan alam semesta untuk kepentingan dirinya sendiri. Eksplorasi alam dibutuhkan oleh manusia karena dia bebas tidak terikat oleh ikatan dogma-dogma yang mengatur kehidupan manusia. Di sini manusia dituntut untuk terus belajar. Mengeksplorasi apapun yang dapat dikaji. Kehausan akan pencarian jawaban dari pertanyaan adalah contoh eksplorasi alam yang dekat dengan kita.

METODOLOGI PENGADERAN 2007

Menjawab tantangan untuk kader STEI 2007 yang berjiwa solutif, kritif, inofatif dan dapat bekerjasama, tentu memerluakn metode yang tepat dalam proses pembentukan kadernya atau biasa kita kenal dengan pengaderan. Metode yang diberikan untuk menciptakan kader idaman seperti ini cukup beragam dan semuanya dapat kita lakukan sekaligus untuk hasi yang maksimal. Tentu terdapat satu metode umum yang mendasari pengadern ini. Dalam hal ini, saya mengajukan metode pembelajaran modern sebagai metode umum.

1. METODE UMUM

Metode pembelajaran modern

Metode pembelajaran modern menjawab pertanyaan bagaimana membentuk manusia modern yang kritis, inovatif dan solutif. Atau mudahnya adalah manusia yang menjawab pertanyaan zaman dengan cepat.

Ciri-ciri metode pembelajaran modern :

· Panitia pengaderan dan kader 2007 berada di posisi yang sejajar

· Adanya diskusi aktif dari kader 2007 dan panitia

· Kader 2007 menentukan metode turunan dari metode pembelajaran moderen ini

· Kader 2007 tau dan mengerti manfaat dari pengadern dan dapat menjelaskan mengapa diberikan materi-materi tersebut dalam pengaderan ini

· Terdapat evalusasi bersama setelah pengaderan ini selesai ( akan disepakati kemudian, apakah akan ada evaluasi setelah beberapa sesi atau setelah selesia pengaderan secara keseluruhan )

2. METODE SPESIFIK

Adalah metode turunan dan penunjang dari metode utama. Dalam hal ini, kader 2007 dapat mengajukan usulan tentang metode penunjang yang diberikan untuk mereka. Beberapa metode spesifik yang saya usulkan adalah :

a. Metode” flow tinggi”

Di sini kata-kata flow tinggi bukan berarti bentakan atau omelan. Metode ini digunakan untuk membangkitakan semangat peserta kader, meningkatkan kebangaan akan kebersamaan mereka dan mengingatkan kembali untuk apa mereka di sini.

b. Metode pelatihan

Adanya pelatihan-pelatihan soft skill yang menunjang individu dan teamwork. Pelatihan-pelatihan yang digunakan diharapkan sesuai dengan profil kader idaman STEI 2007 yang telah dibuat oleh tim formatur pengaderan 2007.

c. Metode simulasi

Beberapa simulasi diberikan untuk menunjang materi dalam metode pelatihan. Beberpa contoh metode simulasi adalah simulasi debat, simulasi pemecahan masalah, simulasi forum, dan sebagainya. Metode simulasi ini diharapkan dapat membantu kader 2007 untuk menerapkan materi yang diberikan dan meningkatkan keaktifan seluruh kader 2007.

d. Tugas

Metode ini membutuhkan kreatifitas dari kader 2007. Panitia hanya membertikan arahan dan parameter setiap tugas. Adapun jenis tugas yang diberikan adalah:

· Tugas individu

Bertujuan untuk melatih kemampuan setiap individu. Kemadirian dan kreatifitas individu sangat dituntut dalam metode ini

· Tugas angkatan

Bertujuan untuk melatih teamwork, karena suatu organisasi bukanlah hasil dari aktifitas satu atau dua orang.

e. Metode lain dapat dihasilkan dari diskusi bersama kita, selamat berdiskusi…….

MATERI PENGADERAN 2007

Materi pengaderan yang diberikan diharapkan sesuai untuk melahirkan profil kaderi ideal STEI 2007. Melahirkan di sini bukan berarti kita mencuci otak dan pemikran dari kader 2007, tetapi mengembangkan pemikiran kader 2007 sebagaimana individu yang berpikir bebas sesuai dengan ideologi yang dianut oleh individu tersebut. Karena, keberagaman diperlikan untuk mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik lagi. Materi yang diberikan akan didasari oleh :

1. Pancasila , yang mendasari Tridharma perguruan tinggi dan kekeluargaan

Materi yang diberikan harus sesuai dalam pancasila sebagai dasar Negara yang merupakan asas dari kedua himpunan. Materi juga harus mencakup seluruh aspek dalam Tridhararma perguaruan tinggi dan asas kekeluargaan pada khususnya.

2. Profil kader ideal STEI 2007

Materi yang diberikan adalah materi yang menunjang profil kader ideal STEI 2007 secara indvidu dan bersama. Karena profil kader ideal 2007 adalah hasila analisis kebutuhan akan kader yang sesuai ileh kedua himpunan.

3. Materi lainnya dapat kita diskusikan lagi…..

KADER 2007 YANG MENDEKATI IDEAL BERASAL DARI PANITIA PENGADERAN DAN SISTEM YANG IDEAL

Baik buruknya kader yang kita kembangkan, sangat bergantung dari panitia dan system yang digunakan. Peran panitia tidak diragukan lagi dalam keberlangsungan pengaderan ini. Pembagian tugas dan kepanitiaan secara garis besar yang saya ajukan dalam pengaderan 2007 ini adalah

1. Tim materi

Tim yang mengonsep materi yang diberikan dalam pengaderan STEI 2007.

2. Tim lapangan

· Staf danlap

Terdapat komandan lapangan utama dan komandan lapangan lainnya

· Staf lapangan

Tim lapangan selain staf danlap yang mengatur tenis acara di lapangan

3. Tim medic

Tim yang bertanggungjawab dalam penanganan pertama apabila ada kader STEi 2007 yang sakit ketika berlangsungnya pengaderan STEI2007

4. Tim acara

Mengatur berlangsungnya acara yang diadakan dalam pengaderan STEI 2007 ini.

5. Tim motifator

Motifator sangat berperan dalam memotifasi dan menerima inputan langsung dari kader 2007. Motifator harus mengetahui secara garis besar karakter kader 2007 secara individu yang di tanggungjawabkan olehnya. Dalam hal ini, kader dibagi dalam beberapa kelompok kecil, untuk memudahkan motifator dalam berinteraksi. Kelompok kecil ini dapat bersifat sementara atau berlangsung selama pengedaren STEI 2007, sesuai dengan hasil diskusi bersama

6. Tim supporting system

· keuangan

· kesekretariatan

· dll…

Kepanitian ini merupakan usulan saya, semua dapat kita ubah lagi dari hasil diskusi bersama